Unit inisialisasi mode grafik
¢ Contoh:
¢ Unit InitGrp; {* nama unit*}
¢ {*bagian interface*}
¢ Interface
¢ Uses graph;
¢ Var kodesalah : integer;
¢ Procedur
¢ …………..
End.
Tombol Tekan (PushButton)
¢ Tombol Tekan
¢ Komponen dasar yang dapat dipilih
dengan cara “menekan” atau meng-klik (dengan mouse) tombol tersebut.
¢ Perhatikan pemilihan warna
sehingga memberikan kesan tiga dimensi pada layar.
¢ Tombol Tekan Berlabel
¢ Tombol Tekan yg kepadanya
dilekatkan suatu label.
¢ Untuk alasan keluwesan,maka
antara satu tombol berlabel dgn yg lain dpt mempunyai variasi jenis font yg
berbeda, jika diinginkan.
Spin BOX
¢ Digunakan untuk menampilkan nilai
suatu peubah saat itu,dan kemudian nilai peubah itu akan bertambah ketika
pengguna menekan tombol dengan anak panah ke atas , atau berkurang ketika
pengguna menekan tombol dengan anak panah ke bawah.
¢ Terdiri 2 bagian:
¢ Bagian untuk menampilkan nilai
peubah (kotak putih)
¢ Bagian pengontrol nilai (anak panah ke atas dan ke
bwh)
List box
¢ Komponen antar muka grafis yg
digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan sekaligus pada layar tampilan.
¢ Pada dasar nya sebuah list box
hanya terdiri atas bagian yang digunakan untuk menampilkan pilihan-pillihan yg
tersedia.
Combo box
¢ Combo box fungsinya sama dgn List
box. Perbedaannya pada :
Pada list box semua atau sebagian
pilihan yg tersedia langsung akan terlihat,tetapi pd combo box pilihan tsb tdk
akan terlihat sampai pengguna menekan tombol kontrol yg dimaksud.
Pada list box pengguna hanya dpt
memilih pilihan yg tersedia, maka dgn combo box pengguna dpt memasukkan
(mmengetikkan) pilihan yg mungkin.
Tombol radio
¢ Cara lain untuk menyajikan
sejumlah pilihan.
¢ Masing-masing tombol radio
bersifat otonom,artinya satu sama lain tidak saling bergantung.
¢ Sejumlah tombol biasanya
dioperasikan dlm satu kelompok yg dikendalikan dgn cara tertentu,yaitu pada
satu saat hanya sebuah tombol yg akan bernilai ON.
¢ Terdiri dari 2 bagian :
Bagian pengendali (lingkaran
kecil)
Label (menunjukan atribut)
Penggeser
¢ Suatu piranti yang digunakan
untuk menggulung atau menggeser layar untuk memperlihatkan bagian lain dari
tampilan yg semula tak terlihat, sekaligus menghilangkan bagian yg semula
terlihat.
¢ Terdiri 2 bagian:
Penggeser horisontal
Penggeser tegak (vertikal)
Label box
¢ Digunakan untuk memberikan
komentar atau memberi nama pada masing-masing komponen antar muka
grafis,sehingga pengguna dapat dengan jelas mengetahui kegunaan dari komponen
antarmuka yg sedang ia hadapi.
¢ Label dapat ditulis secara rapi
kiri, rapi tengah, dan rapi kanan.
File
From :
Linda
Norhan, ST.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar