Rabu, 25 Januari 2012

PEMBUATAN KOMPONEN ANTAR MUKA


Unit inisialisasi mode grafik
¢  Contoh:
¢  Unit InitGrp; {* nama unit*}
¢  {*bagian interface*}
¢  Interface
¢  Uses graph;
¢  Var kodesalah : integer;
¢  Procedur
¢  …………..
End.


Tombol Tekan (PushButton)
¢  Tombol Tekan
¢  Komponen dasar yang dapat dipilih dengan cara “menekan” atau meng-klik (dengan mouse) tombol tersebut.
¢  Perhatikan pemilihan warna sehingga memberikan kesan tiga dimensi pada layar.
¢  Tombol Tekan Berlabel
¢  Tombol Tekan yg kepadanya dilekatkan suatu label.
¢  Untuk alasan keluwesan,maka antara satu tombol berlabel dgn yg lain dpt mempunyai variasi jenis font yg berbeda, jika diinginkan.







Description: Comman68
Description: Comman49
Description: Comman50


 



Spin BOX
¢  Digunakan untuk menampilkan nilai suatu peubah saat itu,dan kemudian nilai peubah itu akan bertambah ketika pengguna menekan tombol dengan anak panah ke atas , atau berkurang ketika pengguna menekan tombol dengan anak panah ke bawah.
¢  Terdiri 2 bagian:
¢  Bagian untuk menampilkan nilai peubah (kotak putih)
¢  Bagian  pengontrol nilai (anak panah ke atas dan ke bwh)

List box
¢  Komponen antar muka grafis yg digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan sekaligus pada layar tampilan.
¢  Pada dasar nya sebuah list box hanya terdiri atas bagian yang digunakan untuk menampilkan pilihan-pillihan yg tersedia.





Combo box
¢  Combo box fungsinya sama dgn List box. Perbedaannya pada :
  Pada list box semua atau sebagian pilihan yg tersedia langsung akan terlihat,tetapi pd combo box pilihan tsb tdk akan terlihat sampai pengguna menekan tombol kontrol yg dimaksud.
  Pada list box pengguna hanya dpt memilih pilihan yg tersedia, maka dgn combo box pengguna dpt memasukkan (mmengetikkan) pilihan yg mungkin.

Tombol radio
¢  Cara lain untuk menyajikan sejumlah pilihan.
¢  Masing-masing tombol radio bersifat otonom,artinya satu sama lain tidak saling bergantung.
¢  Sejumlah tombol biasanya dioperasikan dlm satu kelompok yg dikendalikan dgn cara tertentu,yaitu pada satu saat hanya sebuah tombol yg akan bernilai ON.
¢  Terdiri dari 2 bagian :
  Bagian pengendali (lingkaran kecil)
  Label (menunjukan atribut)

Penggeser
¢  Suatu piranti yang digunakan untuk menggulung atau menggeser layar untuk memperlihatkan bagian lain dari tampilan yg semula tak terlihat, sekaligus menghilangkan bagian yg semula terlihat.
¢  Terdiri 2 bagian:
  Penggeser horisontal
  Penggeser tegak (vertikal)

Label box
¢  Digunakan untuk memberikan komentar atau memberi nama pada masing-masing komponen antar muka grafis,sehingga pengguna dapat dengan jelas mengetahui kegunaan dari komponen antarmuka yg sedang ia hadapi.
¢  Label dapat ditulis secara rapi kiri, rapi tengah, dan rapi kanan.


File From :
Linda Norhan, ST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar