Ragam
Dialog Interaktif 
-  Dialoque style: Cara yg digunakan
u/mengorganisasikan berbagai teknik dialog.
-  Secara umum dikelompokkan menjadi
9 kategori: command line, programming language, natural language interface,
Menu, form filling, ikon, windowing system, manipulasi, interaksi grafis.
Sifat
Penting
-  Inisiatif (sifat dasar: komputer
& pengguna)
- Keluwesan/Fleksibel (kemampuan
system mencapai tujuan lewat sejmlh cara berbeda)
- Kompleksitas (kompleksitas
implementasi semakin bertambah besar)
-  Kekuatan (jlh kerja system
u/setiap perintah pengguna) dan
-  Beban informasi (penyajian
informasi yg baik)
Dialog
Berbasis Perintah Tunggal (Command Line) 
-  Ragam yg paling konvensional ,
tergantung pd sistem komputer yg dipakai, dan berada dlm suatu domain perintah
( command language).
- Cth: DOS (
C:\>DIR,C:\DOS>FORMAT A: /S) dan UNIX (vi, ls, who, lpr, passwd).
| 
Keuntungan | 
Kerugian | 
| 
Cepat, efisien, akurat,
  ringkas, luwes, inisiatif olh pengguna, appealing. | 
Memerlukan pelatihan yg lama,
  membutuhkan penggunaan yg teratur, beban ingatan yg tinggi, jelek dlm
  menangani kesalahan. | 
Dialog
Berbasis Bahasa Pemrograman
-  Memungkinkan pengguna u/mengemas
sejumlah perintah ke dlm suatu berkas (batch file)
-  Tidak harus menggunakan salah satu
bhs pemrograman baik rendah maupun tinggi (Assembler, pascal, C, Fortran atau
basic), tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.
Antarmuka
Berbasis Bahasa Alami (natural language) 
-  Dalam Fiksi Ilmiah seringkali ada
Komunikasi IMK lewat suatu bahasa ucapan yg secara jelas memanfaatkan bahasa
alami.
-  Cth: Cetak daftar semua mahasiswa
yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0
-  Diterjemahkan dgn dBASE atau
FoxPro >>> DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0 
| 
keuntungan | 
kerugian | 
| 
Tidak memerlukan sintaksis
  khusus, luwes dan powerful, alamiah, merupakan inisiatif campuran. | 
Mempunyai dualisme, tidak
  presis, bertele-tele, Opaque, perancangan perangkat lunak yg rumit, tidak
  efisien. | 
Sistem
Menu 
-  Pilihan tepat u/menunjukan
kemampuan dan fasilitas yg dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada
pengguna.
-  Menu : daftar sejumlah pilihan
dalam jumlah terbatas, yg biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa
kata.
Dua
jenis Sistem :
-  Sistem Menu Datar dan sistem menu
tarik (pulldown) yg berbasis hirarki pilihan (struktur pohon pilihan)
-  Sistem menu datar : sistem menu
yg menampilkan semua pilihan secara lengkap. 
-  Sistem menu tarik (pulldown):
sistem menu yg akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu.
Sistem
Penjendelaan
-  Secara umum window adalah bagian
dari layar yg digunakan untuk menampilkan suatu informasi.
Manipulasi
Langsung
-  Kontrol proses
-  Editor teks
-  Simulator
-  Kontrol lalu lintas penerbangan
-  Perancangan bentuk/model
Antar
muka berbasis interaksi grafis
-  Program-program
yang berkemampuan hypertext (link)
                                                           File From: 
Linda Norhan, ST.

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar