Rabu, 25 Januari 2012

PERANCANGAN TAMPILAN


DOKUMENTASI
  • Membuat sketsa pada kertas
  • Menggunakan piranti prototipe GUI
  • Menuliskan tekstual yg menjelaskan kaitan antara satu jendela dengan jendela yg lain
  • Menggunakan piranti bantu CASE (Computer-aided Software Engineering)

CARA PENDEKATAN
  • Program Aplikasi
  • Special purpose software (pengguna khusus)
  • Exp: inventori gudang,akademis mahasiswa,reservasi hotel dll)
  • Pendekatan : user-centered design approach (melibatkan pengguna)
  • General purpose sofware (publik/banyak pengguna)
  • Pendekatan : customization
  • Exp:  setting pada Display Properties
  • Dapat menggunakan pendekatan-pendekatan lain asalkan tidak mengabaikan pengguna.

PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN
  • Urutan Perancangan :
  • Pemilihan Ragam Dialog (disesuaikan)
  • Perancangan Struktur Dialog (banyak libatkan pengguna untuk diskusi)
  • Perancangan Format Pesan (segi efisiensi exp: penggunaan tombol u/ mengurangi pengetikan)
  • Perancangan Penanganan kesalahan (Validasi pemasukan data, proteksi pengguna, pemulihan dari kesalahan, penampilan pesan salah)
  • Perancangan Struktur Data (menentukan Sdat yg cocok dan mendukung)
  • Perancangan Tampilan Berbasis Teks
    • Urutan Penyajian (disesuaikan dengan model pengguna yg telah disusun)
    • Kelonggaran (Spaciousness) : tabulasi dan spasi mempermudah dlm pencarian teks.
    • Pengelompokan (data yg berkaitan dikelompokkan)
    • Relevansi (pesan-pesan yg relevan dgn topik yg sedang tampil)
    • Konsistensi (perancang konsisten menggunakan ruang tampilan (Frame)
    • Kesederhanaan (cara paling mudah menyajikan informasi yg dipahami dan cepat)
  • Perancangan Tampilan Berbasis Grafis
-          Ilusi pada objek-obyek yg dapat dimanipulasi
-          Gunakan kumpulan obyek
-          Keyakinan bahwa mudah dimengerti pengguna
-          Mekanisme yg konsisten untuk memanipulasi obyek
-          Urutan Visual dan fokus Pengguna
o   Gunakan rangsangan visual tertentu untuk maksud tertentu, exp: simbol berkedip u posisi                       cursor.
-          Struktur Internal

  Reveal Code : tanda khusus untuk menunjukkan perbedaan Font style.
§  Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai (gunakan simbol yg sama untuk tujuan yang sama)
o   -Kesesuaian dengan media ( memenuhi permintaan pengguna akan aspek kenyamanan dan keramahan antarmuka)
  • Waktu Tanggap
o   waktu tanggap lebih dari 14 detik menyebabkan perhatian pengguna terpecah ke aktifitas lain.
o   Waktu tanggap kurang dari 2 detik dianggap memadai.
  • Penanganan Kesalahan
o   Kesalahan pada saat implementasi program
o   kesalahan sintaksis yg secara langsung dideteksi oleh kompiler/ compile-time error.Exp: operator / dengan div, Type Mismatch
o   Kesalahan Logika ketika program sedang dijalankan/run time error/fatal error.
o   penyebab : data tidak sah dari pengguna dan proses eksekusi.

PIRANTI BANTU SEDERHANA
o   Lembar Kerja Tampilan (LKT) / screen design work sheet
o   Berbentuk lembaran kertas yang tidak perlu dipersiapkan secara khusus, tetapi  dapat menggunakan sembarang kertas kosong

JARING SEMANTIK TAMPILAN
  • Agar  pemogram tidak perlu membolak-balik lembar kerja pada saat ia menuliskan program untuk disesuaikan dengan navigasi pada setiap lembar kerja, akan lebih mudah dengan menggambarkannya lewat suatu bagan yg disebut Jaring Semantik tampilan.
  •  2 komponen :
  • Nomor Tampilan (lembar kerja)
  • Transisi yg menyebabkan perpindahan ke tampilan lain.


File From:
Linda Norhan, ST.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar